Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Ribuan Umat Buddha Hadiri 50 Tahun Vassa Eyang

Minggu, 24 November 2019
Kategori : Berita
1282

Ribuan umat Buddha menghadiri perayaan 50 tahun Masa Vassa Yang Mulia Bhikkhu Jinadhammo Mahathera, Candi Borobudur- Jawa Tengah (23/11). Dirjen Bimas Buddha Caliadi yang menghadiri acara tersebut menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada "Eyang" murid utama YM. Ashin tersebut.

“Eyang adalah yang merupakan murid satu dari lima Bhikhhu yang pertama kali ditabhiskan setelah YM. Ashin Jinarakkhita,” ucap Caladi.

“Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan Eyang yang telah memberikan sumbangsih terbaik bagi nusa bangsa dan negara dalam mengembangkan Buddha Dhamma di Indonesia. Telah tercatat mendedikasikan hidupnya selama 50 tahun untuk memberikan pembinaan kepada umat Buddha di Indonesia,” ucap Caliadi.

Dikatakannya YM. Ashin sendiri adalah putera pertama Indonesia yang menjadi Bhikkhu sejak 500 tahun terakhir setelah runtuhnya keprabuan Majapahit.

Lebih lanjut dikatakannya Eyang mendapatkan berbagai penghargaan dari banyak negara, diantaranya negara Thailand. Eyang menurutnya telah membuat Buddha Dhamma berkilau di Pulau Sumatera dan Indonesia pada umumnya.

 Turut hadir YM. Bhikkhu Sri Pannavaro Mahathera, anggota dewan pengarah BPIP Bpk Sudhamek AWS, Ketua umum Sangha Agung Indonesia, ketua umum Majelis Buddhayana Indonesia, ketua umum Wanita Buddhis Indonesia, ketua umum Sekber Yabuddhi, Ketua Pemuda Sekber PMVBI, Direktur PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Pembimas Buddha DI Yogyakarta, Pembimas Buddha Prov.Jawa Tengah, Pembimas Buddha Prov. Bangka Belitung, Penyelenggara Buddha Kota Magelang, +/- 4.000 umat Buddha dari seluruh Indonesia.

Acara ini berlangsung berkat kerjasama seluruh elemen yang ada di dalam Keluarga Buddhayana Indonesia serta dukungan Ditjen Bimas Buddha.


Sumber
:
Penulis
:
budiyono
Editor
:
budiyono

Berita Terkait