Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

Pembinaan dan Puja Bakti Rutin Umat Buddha Pegunungan Von

Minggu, 15 Oktober 2023
Kategori : Berita

Jakarta (Bimas Buddha) ------- Umat Buddhha Suku Pedalaman Maluku di daerah pedalaman di dataran tinggi pegunungan Von (hutan bukit Namirang Negeri Atiahu) Kecamatan Siwalalat, Kabupaten Seram Bagian Timur-Maluku mendapakan pembinaan dan melakukan puja bakti bersama.

Puja bakti untuk memperkuat keyakinan kepada ajaran Buddha yang sebelumnya sejak tahun 2019 masyarakat dataran tinggi pegunungan Von sudah mengenal agama Buddha dengan dilakukannya sekitar 23 pasang berikrar untuk melakukan upacara perkawinan secara masal dengan tata cara Agama Buddha.

Selain puja bakti umat Buddha daerah dataran tinggi pegunungan Von juga mendapatkan pembinaan keluarga Hitta Sukhaya dari Pembimas Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku.

“Kami melakukan pembinaan umat Buddha di Cetya Velugiri dataran tinggi pegunungan Von, bukit Namirang Negeri Atiahu, Kecamatan Siwalalat, Kabupaten Seram Bagian Timur Kabupaten Seram Bagian Timur yang merupakan daerah wilayah dalam kategori 3 T,” ungkapnya Sujiyanto melalui sambungan telephone pada Jum,at 13/10/2023).

“Perjalanan kurang lebih 21 jam melalui jalur laut 3 jam, jalur darat  6 jam dan dilanjutkan jalan kaki 12  jam,  baru sampai ke lokasi vihara,” lanjutnya.

Sujiyanto menambahkan terdapat kurang lebih 200 umat Buddha yang harus kita bina karena merupakan tugas dan kewajibanya dalam melaksanakan pembinaan secara masif.

“Pembinaan juga melakukan di Vihara Buddha Sasana Banggoi seram Bagian Timur bersama dengan umat Buddha di wilayah sekitar,” pungkas Pembimas.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Budiyono
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait