Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Menuju Transformasi Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha, Ditjen Bimas Buddha Gandeng UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Jumat, 27 Januari 2023
Kategori : Berita

Jakarta (Bimas Buddha) ---------Sebagai langkah awal menuju terwujudnya transformasi Sekolah Tinggi Keagamaan, Ditjen Bimas Buddha selenggarakan rapat pembahasan rencana penyusunan Grand Design Pendidikan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB), Jum’at (27/01/2023).

Rapat dipimpin oleh Dirjen Bimas Buddha Supriyadi didampingi Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Nyoman Suriadarma. Bertempat di ruang kerja Dirjen Bimas Buddha, dengan agenda mendengarkan paparan tim peneliti atau perancang pengembangan PTKB.

Rapat sebagai tindak lanjut arahan Menteri Agama terkait rencana pengembangan perguruan tinggi keagamaan. “Melanjutkan arahan dari Gus Menteri bahwa setiap unit eselon 1 wajib menyiapkan rencana ke depan, untuk pengembangan perguruan tinggi keagamaan,” tutur Supriyadi mengawali rapat.

Menurut Dirjen hal ini penting guna mewujudkan keseimbangan dan kesetaraan dalam lingkup penyelenggaraan pendidikan tinggi keagamaan pada umumnya dan perlu dilakukan sebuah sinergi dan kolaborasi bersama guna merumuskan pengembangan perguruan tinggi keagamaan ke depan.

Supriyadi menambahkan “Sebelumnya Ditjen Bimas Buddha pernah membuat naskah akademik namun menurutnya apa yang dihasilkan dari hal tersebut belum menghasilkan sebuah rancangan untuk pengembangan lebih jauh lagi,” ungkapnya.

Agar upaya ini dapat dilakukan dengan cepat lanjut Dirjen tentu diperlukan sebuah rancangan terstruktur dan sistematis agar apa yang dikerjakan dapat terwujudkan.

Guna menjawab persoalan tersebut Dirjen menginstruksikan kepada Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha serta Kasubdit Pendidikan Tinggi untuk mengadakan diskusi dengan tim dari Center for the Study of Religion and Culture (CSRC) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang dalam hal ini memang sudah mempunyai reputasi di bidang pengembangan rancangan pendidikan dan telah banyak membantu di Kemenag.

Adapun tim peneliti untuk pengembangan PTKB 2023-2045 beranggotakan Prof. Dr. Drs. Achamd Syahid, M.Ag., Dr. (C) Idris Hemay, M.Si., Irfan Abubakar, M.A., Dr. Humaidi, M.A., dan Muchtadlirin, M.Pd.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait