Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

Latihan Meditasi untuk Meningkatkan dan Memperkuat Kesadaran

Senin, 02 Oktober 2023
Kategori : Berita

Bandung (Bimas Buddha) ----------- Dalam meningkatkan, memperkuat kesadaran melalui empat landasan kesadaran yaitu kayanupassana (perenungan tentang materi), vedananupassana (perenungan tentang perasaan), cittanupassana (perenungan tentang pikiran), dan dhammanupassana (perenungan tentang objek-objek pikiran). Beberapa peserta melakukan latihan meditasi yang diselenggarakan di Vihara Kusalayani, Maribaya, Bandung Barat, Jawa Barat.

Pelaksanaan latihan meditasi diikuti oleh sekitar 20 orang peserta selama 10 hari dari tanggal 28 September sampai dengan 8 Oktober 2023 berasal dari wilayah Bandung, Jakarta, Tangerang dan bahkan dari Malaysia.

Pimpinan Vihara Kusalayani Bhikkhuni Santini menyampaikan kegiatan ini merupakan pelatihan  untuk meningkatkan, memperkuat kesadaran yang tumbuh dari dalam. Dengan 4 landasan kesadaran seperti yang disebutkan di atas, sehingga kesadaran dalam diri kita akan menguat.

“Ada 4 postur dalam latihan meditasi, kalau di sini memakai 3 postur yaitu duduk, berdiri, dan berjalan pada areal vihara,” jelasnya.

Ketika pelaksanaan meditasi dilakukan, maka kemunculan sensasi atau fenomena dapat disadari dengan lebih jelas dalam batin kita.

Bhikkhuni Santini menambahkan latihan meditasi yang wajib dilakukan peserta secara bersama yaitu meditasi duduk pada pagi hari jam 4 sampai jam 5 dan jam 9 sampai jam 10 malam. Selebihnya mereka dapat mengatur untuk meditasi duduk, jalan atau berdiri sesuai dengan kondisi mereka masing-masing.

Dengan kegiatan ini Bhikkhuni Santini berharap peserta dapat meningkatkan kesadaran batinnya, sehingga dalam kehidupan mereka menjadi lebih damai secara pribadi dan otomatis membawa kedamaian kebaikan juga di keluarga dan lingkungan.

Tahun ini Vihara Kusalayani memrogramkan beberapa kegitan keagamaan dan pelatihan diantaranya tujuh kali latihan meditasi dan dua kali latihan silacarini/anagarika, pabbajja samaneri/samanera.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Budiyono
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait