Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

Giat Pembinaan Moderasi Beragama pada Sekolah Keagamaan Buddha Formal

Selasa, 26 September 2023
Kategori : Berita

Jakarta (Bimas Buddha) --------- Dalam menindaklanjuti Keputusan Menteri Agama Nomor 83 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Data Pendidikan pada Kementerian Agama, Ditjen Bimas Buddha menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan Moderasi Beragama dan Rapat Koordinasi Operator EMIS (Education Information Management System) Sekolah Keagamaan Buddha Formal.

Direktur Urusan dan Pendidikan (Dirurpendik) Agama Buddha Nyoman Suriadarma menyampaikan Dalam moderasi beragama itu adalah menjaga atau membina keseimbangan.

“Dalam sisi agama kita harus fanatik dengan agama yang kita anut, namun ketika kita berinteraksi dengan orang lain kita jangan menjadi ekstrim,” jelasnya pada Senin (24/09/2023).

Dalam kegiatan juga dilaksanakan bimtek kepada operator EMIS dengan harapan tersedianya data Dhammasekha yang lengkap, valid, akuntabel, dan berkelanjutan sebagai upaya meningkatkan tertib administrasi pendataan sekolah keagamaan Buddha serta pelaksanaan pembinaan moderasi beragama bagi Sekolah Keagamaan Buddha yang berada dibawah naungan Kementerian Agama.

Kepada operator EMIS di seluruh Indonesia Nyoman berharap agar kegiatan Bimtek EMIS menjadi bekal pengetahuan tentang EMIS. Karena proses pendataan ini bukan persoalan data semata tetapi juga yang akan menentukan proses berjalanan penyelenggaraan Pendidikan.

Kegiatan Pembinaan Moderasi Beragama dan Rapat Koordinasi Operator EMIS Sekolah Keagaamn Buddha Formal diikuti oleh 85 orang yang terdiri dari kepala sekolah Dhammasekha seluruh Indonesia, operator EMIS, dan Pegawai Ditjen Bimas Buddha dengan narasumber dari Pusat Data dan Informasi (PUSDATIN) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan Tim Pengembang EMIS Kementerian Agama RI.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Budiyono
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait