Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Buka Bintek Pembelajaran SMB, Caliadi:Beri Pemahaman Baik Dunia Kompleks

Minggu, 28 April 2019
Kategori : Berita
217

Guru harus memberikan kepada siswa adalah bagaimana siswa memiliki pemahaman agama secara baik dalam kondisi dunia yang kompleks. 

“Jangan sampai perkembangan teknologi informasi dan penggunaan media sosial yang kebablasan,” ucap Caliadi menegaskan saat memberikan bimbingan kepada guru SMB pada Bimbingan teknis penyusunan pembelajaran SMB, Jambi (27/04). 

Khususnya lanjut Caliadi Guru SMB yang menjadi guru karena jiwa sosial yg tinggi, meskipun ada yg mendapatkan honor stp bulan dari pemerintah,  namun sebagian besar memiliki motivasi mengajar dan mendidik siswa SMB bukan karena materi, melainkan ingin menjalankan tugas mulia dalam mengembangkan Buddha Dharma di Nusantara.

Dikatakan Caliadi sesuai dgn UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ada 4 kompetensi yang wajib dimiliki guru, yaitu  : kompetensi pedagogik,  kompetensi kepribadian, kompetensi profesional,  kompetensi sosial.

Agar dapat menciptakan Caliadi mengatakan perangkat bahan ajar yang baik maka harus diperhatikan beberapa hal. Kurikulum yang berbasis karakter,  rencana pelaksanaan pembelajaran, materi sesuai kurikulum, menggunakan gambar atau media yang menarik, lagu-lagu rohani Buddhis.

Menutup materinya, Caliadi menegaskan Guru profesional adalah yang bisa mendidik,  mengajar,  membimbing,  mengarahkan,  melatih, menilai,  dan mengevaluasi peserta didik.


Sumber
:
Penulis
:
budiyono
Editor
:
budiyono

Berita Terkait