Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Resmikan Gedung Da Jue Shan, Suwanto: Aktifkan Kegiatan dan Implementasikan Moderasi Beragama

Rabu, 03 Maret 2021
Kategori : Berita
261

Jakarta (Humas Buddha) ---- Peresmian gedung Da Jue Shan (Graha Kesadaran Agung) Vihara Dharma Jaya Toasebio, ruangan serbaguna Ferdinand Kenchana Jaya, dan Peresmian Barongsai Kesuma Bangsa diresmikan oleh Pembimas Buddha DKI Jakarta dan Sesepuh Umat Buddha (Irjenpol.Purn. Drs. Budi Setiawan, M.Sc,), (27/03). 

Adapun acara dimulai dengan prosesi pengguntingan pita dalam rangka peresmian gedung Da Jue Shan, ruangan serbaguna Ferdinand Kenchana Jaya dan peresmian Peresmian Barongsai Kesuma Bangsa dengan ditandai pemukulan tambur disaksikan oleh Pembimas Buddha dan jajaran pengurus Vihara Dharma Jaya Toasebio. 

Dalam sambutannya Suwanto berpesan agar kegiatan di Vihara Dharma Jaya Toasebio bagi umat Buddha.

"Saya berharap diresmikannya gedung ini, bisa lebih aktif lagi, baik kegiatan ibadah bagi umat Buddha serta kegiatan keagamaan Buddha maupun sosial pendidikan Agama Buddha dapat ditingkatkan sehingga memberikan manfaat yang positif bagi Umat Buddha di DKI Jakarta, khususnya umat Buddha di sekitar di Vihara Dharma Jaya Toasebio," ungkapnya. 

Selain itu, protokol kesehatan yang patuh juga harus selalu diterapkan.

"Tentunya kami juga tak henti-hentinya mengingatkan kembali kepada para pengurus dan umat yang hendak melaksanakan proses beribadah agar selalu menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran pandemi virus covid 19. Tentunya ada hikmah dari keadaan pandemi ini, kita juga diajarkan agar bisa hidup lebih bersih, teratur dan disiplin dalam menjaga kesehatan bagi umat," lanjutnya. 

Selanjutnya, Suwanto mengatakan bahwa implementasi moderasi beragama juga harus senantiasa menjadi patokan agar dapat hidup rukun dan toleran. 

"Yang tidak kalah penting juga adalah implementasi moderasi beragama dalam rangka menjaga toleransi kehidupan umat beragama, baik didalam internal kerukunan umat Buddha maupun kerukunan antar umat beragama dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia," tukasnya. 

Acara dilanjutkan dengan pemberian beasiswa bagi siswa beragama Buddha sebanyak 6 orang, tidak lupa bentuk rasa syukur dilakukan pemotongan nasi tumpeng oleh ketua Yayasan diberikan kepada para Pejabat dan Tokoh serta sesepuh yang hadir. 

Dirangkai dengan acara Foto Bersama segenap Pengurus Yayasan Dharma Jaya Toasebio dan tamu undangan, dilanjutkan dengan prosesi HU lima pancer oleh suhu Atjai dan ditutup dengan Dana makan kepada YM. Bhikkhu Sangha dan makan siang bersama. 

Turut hadir Irjenpol.Purn. Drs.Budi Setiawan, M.Sc., Pembimas Buddha DKI Jakarta, YM. Bhikkhu Dhammakaro Thera, Pembina, Ketua Yayasan Vihara Dharma Jaya Toasebio (Arifin Tanzil) beserta Pengawas dan Sesepuh serta ketua operasional, Penyelenggara Buddha kota Jakarta Barat, Penyelenggara Buddha kota Jakarta Timur, Ketua FKKTI (Suhu Beni), Suhu Atjai dari Kwan Im Bio.


Sumber
:
Bimas Buddha DKI
Penulis
:
budiyono
Editor
:
budiyono

Berita Terkait