Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Mengenal Nava Dhammasekha Cinta Kasih di Provinsi Papua Barat

Sabtu, 12 Agustus 2023
Kategori : Berita

Jakarta (Bimas Buddha) ------- Suasana ramai dan meriah tampak terlihat pada Sekolah Nava Dhammasekha Cinta Kasih yang terletak di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

Anak-anak juga merasakan kegembiraan  dalam mengikuti pelajaran yang diberikan bapak dan ibu guru dengan suasana sekolah yang menyenangkan. 

Nava Dhammasekha Cinta Kasih berdiri sejak tahun 2016 berdasarkan ijin operasional dari Dirjen Bimas Buddha dibawah naungan Yayasan Pendidikan Budha Sorong, saat ini memiliki 108 siswa serta 16 tenaga pendidik dan kependidikan.

Pembangunan gedung Nava Dhammasekha Cinta Kasih sendiri merupakan program pendidikan formal dari Ditjen Bimas Buddha tahun 2016.

Kepala Sekolah Mis Tuty menyampaikan Nava Dhammasekha Cinta Kasih diawali dengan perjuangan yang cukup berat hingga berhasil melalui 7 tahun perjalanan dan pengabdian.

“Untuk mendukung kecerdasan siswanya Nava Dhammasekha ini juga memprogramkan Pendidikan yang cerdas, mandiri dan berkarakter,” ucap Mis Tuty.

Menurutnya  tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah ini terdiri dari berbagai agama yakni agama Buddha, Islam, Kristen, Katolik  dengan jumlah peserta didik 108 siswa yang terdiri dari siswa beragama Buddha 15 beragama Hindu 1, beragama Kristen 48 beragama Islam 9 dan siswa beragama katolik 35

Pembimbing Masyarakat Buddha Provinsi Papua Barat Sugiarto melalui sambungan telephone tanggal (12/8/2023) menyampaikan kurang lebih  7 tahun pengabdian Yayasan Pendidikan Buddha Sorong dalam peran serta mewujudkan dan mensukseskan program unggulan Pendidikan Ditjen Bimas Buddha.

Menurutnya pendidikan merupakan program investasi anak untuk masa depan yang lebih baik.

“Pada usia emas (golden age) dari umur 2 sampai 6 tahun merupakan masa perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, dan ekspresi emosi maka diperlukan pendidikan yang mengutamakan aspek kecerdasan, emosi dan spiritual, dan Nava Dhammasekha Cinta Kasih merupakan jawaban yang tepat,” jelas Sugiyarto.

Dalam upaya mendukung skill siswa pembelajaran secara komprehensif, Nava Dhammasekha Cinta Kasih juga bekerjasama dengan oxford dalam pembelajaran Bahasa Inggris melalui teachcast dan juga memiliki guru Bahasa Mandarin yang professional.

Para siswa juga mendapatkan penguatan bakat dan minat melalui exschool coocking, dancing, little science, music dan broadcasting.

Lulusan Nava Dhammasekha Cinta Kasih sebagian besar melanjutkan sekolahnya pada Sekolah Dasar Cinta Kasih yang berada di satu wilayah tidak jauh dari Nava Dhammasekha.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait