Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Dirjen Ajak Umat Buddha Gunakan Vihara untuk Berlatih dan Belajar

Minggu, 23 Juli 2023
Kategori : Berita

Dirjen Bimas Buddha Supriyadi hadiri acara Peresmian Pembangunan/Purna Pugar Vihara, Gedung SMB, dan Acara Ruwatan Bulan Suro Tahun 2023 di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Dirjen Bimas Buddha menguatkan sebagaimana yang telah disampaikan oleh Bhikkhu Nyanakaruno Mahathera, beberapa gedung diresmikan yakni sebagai sarana belajar dan berlatih bagi umat Buddha.

“Di mana kita bisa belajar? Di mana kita bisa berlatih? Adalah di tempat yang hari ini akan kita resmikan baik itu vihara, gedung Sekolah Minggu Buddha maupun pendopo yang hari ini kita hadir,” ucap Dirjen di Jepara pada Sabtu (22/07/2023).

“Kalau kita semua mau berlatih belajar maka tentu kita akan meninggalkan seluruh kegiatan atau perbuatan yang tidak baik dan kita gantikan dengan perbuatan-perbuatan yang baik,” sambungnya.

Supriyadi menyampaikan bahwa dalam kitab Dhammapada dikatakan barang siapa telah meninggalkan perbuatan buruknya dan menggantikannya dengan perbuatan baik maka ia akan seperti menyinari dunia bagaikan bulan yang tidak lagi tertutup oleh awan.

Oleh karenanya ia berharap bahwa dengan berlatih dan belajar, hal itu akan menjadi spirit bagi setiap orang untuk memperbaiki diri sebagaimana makna dari ruwatan yaitu untuk semakin membangkitkan dan membangun dalam diri kita menjadi orang yang baik.

“Mudah-mudahan perpaduan dua kegiatan hari ini, antara menyiapkan sarana untuk membangun diri, memperbaiki diri, mengembangkan diri akan kita maknai dengan momentum lewat ruwatan sebagai tonggak bahwa kita sepakat untuk meninggalkan yang buruk dan membangkitkan yang baik dalam diri kita,” tandas Supriyadi.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bhikkhu Khemmacaro Mahathera dan Dirjen Bimas Buddha, yang dilangsungkan di lokasi Pembangunan Candi Shima, Dukuh Simo, Ds. Blingoh, Kec. Donorojo, Kabupaten Jepara.

Adapun bangunan yang diresmikan yaitu:

1.         Pendopo Wahyu Candi Laras Kec. Donorojo, Kab. Jepara.

2.         Gedung SMB Kalyanamitta Blingoh, Kec. Donorojo, Kab. Jepara.

3.         Vihara Nigrodarama Kec. Donorojo, Kab. Jepara.

4.         Purna Pugar Vihara Maha vajra Kec. Bangsri, Kab. Jepara.

5.         Purna Pugar Vihara Bodhi Vimala, kec. Kembang, Kab. Jepara.

6.         Gedung SMB Vihara Bodhi Kusala Kec. Cluwak, Kab. Pati.

7.         Purna Pugar Vihara Dwi Dharma Loka Kec. Cluwak, Kab. Pati.

Hadir pada acara tersebut yakni Bhikkhu Khemmacaro Mahathera, Bhikkhu Nyanakaruno Mahathera beserta anggota Sangha Agung Indonesia, Pembimbing Masyarakat Buddha pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, unsur pemerintah setempat yaitu Kepala Desa, kepolisian, TNI, serta umat Buddha dari Kabupaten Jepara dan Pati.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait