Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Plt. Dirjen: Gemabudhi Untuk Memberikan Kontribusinya Bagi Negeri.

Minggu, 27 Maret 2022
Kategori : Berita

Jakarta (Humas Buddha) -----------------  Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha hadiri pelantikan pengurus DPP Gemabudhi, Minggu 27/03/22.

Dalam sambutannya Nyoman Suriadarma menyampikan Gemabudhi sangatlah luas untuk memberikan kontribusinya bagi negeri ini.

"Gemabudhi sangatlah luas untuk memberikan kontribusinya bagi negeri ini, di ranah komunitas Buddha sendiri pun masih banyak pekerjaan yang harus kita selesaikan bersama utamanya terkait generasi muda" ungkapnya.

Untuk mewujudkan upaya tersebut bisa dimulai melalui platform media sosial tiktok misalnya. “Mari para generasi muda Buddhis bersinergi bersama gerakkan pemanfaatan Candi Borobudur melalui media sosial yaitu Tiktok,” ajaknya

Lebih lanjut Nyoman menyampaikan Kemenag sudah memberikan ruang peluang untuk pemanfaatan Borobudur bagi umat Buddha Indonesia dan dunia. Pihaknya mengajak segenap generasi muda untuk manfaatkan peluang tersebut dengan sebesar-besarnya melalui kegiatan yang bisa dipelajari dalam Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani beberapa waktu lalu.

Terkait IKN Ditjen Bimas Buddha telah memberikan rumusan tentang kriteria rumah ibadah agama Buddha di IKN, dan di sana telah disediakan tanah seluas 1.2 hektar. Pihaknya menyampaikan bahwa Ditjen Bimas Buddha bersama Sangha, para pengurus majelis, tokoh agama Buddha sudah melakukan forum diskusi untuk melengkapi kriteria rumah ibadah agama Buddha serta kebutuhannya di IKN nantinya yang diharapkan akan mengakomodir semua keragaman, jelas Plt.Dirjen.

Ketua Komisi II DPR RI  Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung menyampaikan  wujud nyata peran Gemabudhi dalam mendukung program pemerintah. “Ini menjadi tanda bahwa Gemabudhi memberikan dukungan penuh rencana pemerintah memindahkan ibukota negara,” ungkapnya.

Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengajak Gemabudhi untuk turut mengambil peran melakukan konsolidasi terhadap masyarakat untuk mempersiapkan diri yang kemudian disertai dengan beberapa pendekatan dalam proses pembangunan IKN, harapnya.

Seminar Nasional IKN  dan Pelantikan Pengurus Pusat Gemabudhi dihadiri Ketua Komisi II DPR RI,  Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung dan Prof. Siti Zuhro dari LIPI,  Sekjen Pengurus Pusat GP Ansor Adung Abdul Rocham, Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Supriyadi, Ketua Umum Permabudhi Philip Kuntjoro Widjaja,  Ketua Dewan Pembina Gemabudhi Y.M. Suhu Vidya Sasana Maha Sthavira, Bhikkhu Cittagutto, Mahathera, Ketua Dewan Penasehat Irjenpol. (Purn) Drs. Budi Setiawan, Ketua/Pimpinan Majelis Agama Buddha serta Ketua OKP Pemuda Buddhis.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait