Berita Detail

img

Vaksinasi Covid-19 bagi Tokoh Agama, Menkes: Vaksin Guna Merajut Kebangsaan

Selasa, 23 Februari 2021 08:48 WIB

Jakarta (Humas Buddha) ---- Sejumlah tokoh agama menerima vaksin Covid-19 yang dilaksanakan perdana di Masjid Istiqlal Jakarta, (23/02). Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (BGS) ungkapkan bahwa vaksinasi dapat digunakan untuk merajut kebangsaan.

“Pagi ini mengunjungi Masjid Istiqlal, karena dilakukan vaksinasi untuk para pemuka agama. Saya sengaja bahwa melihat vaksinasi ini bisa merajut kebangsaan kita bersama, regardless agamanya apa, bersama melawan pandemik,” tuturnya.

Bahkan, BGS kagum melihat Masjid Istiqlal sebagai tempat ibadah umat muslim dapat digunakan sebagai fasilitas vaksinasi bagi para tokoh agama lainnya.

“Saya kagum di Istiqlal adalah melihat bagaimana semua pemuka agama datang di sana. Bukan hanya tokoh agama dari Islam, tapi tokoh agama Katolik, tokoh agama Kristen, tokoh agama Buddha, tokoh agama Hindu, tokoh agama Konghucu, semua berdatangan di sana untuk melaksanakan program vaksinasi,” katanya.

Senada dengan hal itu Imam Besar Masjid Istiqlal Nassarudin Umar ungkap bahwa Masjid Istiqlal dapat digunakan untuk kepentingan bangsa tanpa membedakan agama apapun. 

 "Untuk urusan keagamaan, Masjid Istiqlal ini adalah milik bangsa, segenap warga bangsa tanpa membedakan agama apapun. Maka itu, kita siapkan tempat yang paling aman dan strategis," ungkap Imam Besar Masjid Istiqlal. 

Selain itu, Wakil Ketua bidang Peribadatan Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan, pemuka agama yang mengikuti vaksinasi ini mencapai ribuan orang. 

"Jumlahnya ribuan dari semua agama, mulai dari Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu," kata Abu.

Dari sisi tokoh Buddhis, Bhiksu Dutavira Sthavira sangat mendukung adanya vaksinasi ini guna melindungi kesehatan keluarga.

“Kami mendukung, kami ikut divaksin untuk melindungi keluarga kita agar sehat dan bangsa ini menjadi kuat. Saya penuh semangat mengambil bagian ini. Kami juga menghimbau kepada anak bangsa mari perkuat kesehatan dengan mengikuti vaksin,” tuturnya di akhir acara.

Hadir dalam kegiatan ini Menteri Kesehatan RI, Imam Besar Masjid Istiqlal, Dirjen Bimas Buddha, beserta para Tokoh Agama peserta vaksinasi.


Sumber : Humas Buddha
Penulis : budiyono
Editor : budiyono

Dibaca : 20 kali