Berita Detail

img

Umat Buddha Suku Pedalaman Pegunungan Von Rayakan waisak.

Sabtu, 22 Juni 2019 08:58 WIB

Sekolah Minggu Buddha (SMB) Sasana Dhamma merayakan Waisak Bersama di Kebun Kelapa Hutan Bukit Namirang, Kab. Seram, Maluku (19/6). Kegiatan ini dilakukan setelah upacara pemberkahan perkawinan massal.


Hadir dalam kegiatan ini, Sariyono (Pembimas Buddha Kankemenag Prov. Maluku),  Bhikkhu Sangha, Tokoh Agama dan Umat Buddha di Wilayah Kab. Seram Timur serta Suku Pedalaman Pegunungan Von.


Disela-sela Perayaan Waisak Bersama, Bhikkhu Subhapanno Mahathera (Ketua Umum Sangha Theravada Indonesia) memberikan ceramah Dhamma tentang makna perayaan Waisak ini.


“Kita merayakan Waisak pada siang ini disambut dengan suasana cerah dan panas. Itu merupakan berkah bagi kita semua. Kalau tadi pagi memberkahi seluruh pengantin dan keluarganya. Sekarang kita bersama-sama merayakan waisak sebagai makna penghormatan peringatan 3 peristiwa penting yakni lahirnya Pangeran Sidharta, Pencapaian Penerangan Sempurna dan Wafatnya Buddha Gotama,” ungkap beliau.


Kegiatan ini dapat dilaksanakan juga karena dukungan dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi  Maluku.
Sebagai penutup, Bhikkhu Sangha melakukan pemercikan air suci kepada seluruh umat Buddha yang hadir.


Sumber : -
Penulis : budiyono
Editor : eddwin

Dibaca : 1289 kali