Dirjen Bimas Buddha hadiri Pembukaan Pameran Buddha Carika di Museum Arma Jl. Raya Pengosekan, Ubud, Bali

Dirjen Bimas Buddha hadiri Pembukaan Pameran Buddha Carika  di Museum Arma Jl. Raya Pengosekan, Ubud, Bali Bali (dbb) Dirjen Bimas Buddha Drs. Dasikin, M.Pd menghadiri Pembukaan Pameran Buddha Carika di museum ARMA Jl. Pengosekan, Ubud Bali. Dalam Bahasa Pali, kata Buddha sendiri berarti Yang Tercerahkan atau Yang Sadar dan kata Carika berarti Pengembaraan Luhur. Dari jabaran tersebut maka istilah Buddha Carika dapat diartikan sebagai pengembaraan Luhur oleh Yang Tercerahkan atau diartikan juga sebagai perjalanan ke tempat-tempat suci yang berkaitan dengan Yang Tercerahkan. Dalam konteks ini, Yang Tercerahkan adalah yaitu Buddha Sakyamuni.

Selengkapnya →

Dirjen Bimas Buddha Tinjau Lokasi kebakaran Vihara Dharma Bakti Petak Sembilan Glodok – Jakarta

Dirjen Bimas Buddha Tinjau Lokasi kebakaran Vihara Dharma Bakti Petak Sembilan Glodok – Jakarta Jakarta(dbb) musibah kebakaran kembali menimpa tempat ibadah agama Buddha yaitu Vihara Dharma Bakti yang merupakan vihara tertua yang berada di kawasan pecinan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. Dirjen Bimas Buddha Drs. Dasikin M.Pd mendapat informasi dari salah satu umat Buddha Vihara Dharma Bhakti bahwa telah terjadi kebakaran antara pukul 03.30-04.00 Wib dini hari, penyebab terjadinya kebakaran di duga dari lilin-lilin yang tidak dipadamkan pasca perayaaan Imlek 2566/2015.

Selengkapnya →

Imlek Bersama WALUBI dan Keluarga Besar Ditjen Bimas Buddha

Imlek Bersama WALUBI dan Keluarga Besar Ditjen Bimas Buddha (Jakarta,27/2) Keluarga besar Ditjen Bimas Buddha menghadiri perayaan Tahun Baru Imlek 2556 yang diselenggarakan oleh Walubi di Kantor Pusat WALUBI, Gedung BERCA Lt. 2, Jl Abdul Muis No 62 Jakarta Pusat Jakarta. Acara yang di awali doa bersama di pimpin oleh Bhiksu Tadisa Paramitha Stavira dilanjutkan sambutan oleh Plt. Ketua Umum Walubi Ir.Arief Harsono, M.M., M.Pd.B. Dalam sambutannya menekankan dalam masyarakat Indonesia pada dasarnya berasal dari satu ras/golongan sehingga persatuan dan kerukunan perlu dijaga keutuhannya dengan menpererat tali silaturahmi diantara sesama.

Selengkapnya →

Rapat Koordinasi dengan Pengurus Majelis dan Walubi

Rapat Koordinasi dengan Pengurus Majelis dan Walubi Selasa 17 Pebruari 2015 Ditjen Bimas Buddha mengadakan rapat koordinasi dengan Pengurus Majelis dan Walubi perihal Penamaan Tempat Ibadah dalam Agama Buddha. Pengurus Majelis yang hadir adalah Majelis Rohaniwan Tridharma Indonesia (MATRISIA), Perkumpulan Tempat Ibadah Tridharma (PTITD), Sangha Mahayana Tanah Suci, Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI), Gabungan Tridaharma Indonesia (GTI), dan pengurus Majelis Agama Buddha Tridharma.

Selengkapnya →