Lampung Resmi Miliki Dhammasekha

Lampung Resmi Miliki Dhammasekha Sabtu (22/02), Dirjen Bimas Buddha meresmikan gedung Dhammasekha di Dusun Srinusa Bangsa, Desa Poncokresno, Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Didampingi oleh Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha beserta beberapa pejabat eselon III-IV, Dirjen Bimas Buddha memberikan pengarahan dan memotivasi umat Buddha Lampung untuk senantiasa maju. Terkait telah didirikannya Dhammasekha tersebut pihaknya mendorong umat Buddha untuk dapat menggunakannya dengan baik serta memanfaatkan peluang yang ada. Dalam hal ini, umat dan masyarakat sekitar dapat belajar bersama meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan. “Dhammasekha tidak hanya sebagai wahana belajar umat Buddha, namun dapat menjadi tempat belajar bagi masyarakat luas pada umumnya,” demikian harapan yang disampaikan dalam sambutannya siang itu.

Selengkapnya →

Perayaan Magha Puja 2557 BE/2014 Kesabaran Adalah Praktek Tertinggi

Jum’at, 14/02/2014 Keluarga besar Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha pada kebaktian rutin tiap pagi mengadakan perayaan hari besar Magha Puja yaitu salah satu hari besar dalam agama Buddha. Dalam perayaan ini dihadiri oleh Y.M Bhikku Dharma Vimala Thera, dalam Dhammadesana beliau meyampaikan beberapa hal yang berkenaan dengan perayaan Magha Puja yang diaplikasikan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam kotbah beliau disampaikan bahwa berdana bukan semata-mata upaya memupuk karma baik tetapi lebih kepada rasa peduli kepada sesama makhluk, seperti ketika seorang melihat orang lain menderita sehingga timbul rasa iba dalam dirinya. Dalam perumpamaan yang disampaikan Yang Mulia Bhante Dharma Vimala Thera bahwa matahari akan selalu muncul dari timur dan akan selalu tenggelam di barat dan itu tidak perlu diminta tetapi bagaimana kita memanfaatkan matahari itu sendiri sehingga kita tahu manfaatnya.

Selengkapnya →

Perayaan Imlek WALUBI, Dirjen Bimas Buddha: “Umat Buddha Tidak Pernah Bermasalah dengan Lingkungan”

Perayaan Imlek WALUBI, Dirjen Bimas Buddha: “Umat Buddha Tidak Pernah Bermasalah dengan Lingkungan” Selasa (04/02), keluarga besar Ditjen Bimas Buddha memenuhi undangan Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) untuk bersama-sama merayakan Tahun Baru Imlek yang diselengarakan di Gedung Sekretariat WALUBI Jakarta. Pada kesempatan itu hadir sejumlah petinggi WALUBI, diantaranya adalah Ir. Arief Harsono, MM. dan Murdaya Po, beserta para ketua majelis. Dari Ditjen Bimas Buddha hadir pula diantaranya adalah Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha, Sekretaris, Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha beserta jajaran pejabat dan karyawan.

Selengkapnya →