Dirjen Bimas Buddha Hadiri Pementasan Drama Kolosal Perjalanan Guru Besar Xuan Zang

Dirjen Bimas Buddha Hadiri Pementasan Drama Kolosal  Perjalanan Guru Besar Xuan Zang Jakarta (dbb), Sabtu 28 Maret 2015 Pementasan drama kolosal "perjalanan guru besar Xuan Zang" dihadiri oleh Dirjen Bimas Buddha. Drama ini dipersembahkan oleh yayasan Dharmasagara yang dibina oleh Bhikksu Kusala Sasana berlokasi di Tamansari Jakarta Barat. Bhikksu Kusala Sasana adalah seorang rohaniwan Buddha yang sangat perduli atas pendidikan dan kesehatan. Beliau selain membina vihara dalam hal kerohanian, juga mendirikan Sekolah Dharma Agung, dan klinik sosial cuci darah Maha Maitri.

Selengkapnya →

Dies Natalis X Dan Wisuda Sarjana V Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Dutavira Jakarta

Dies Natalis X Dan Wisuda Sarjana V Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Dutavira Jakarta Jakarta-Bertempat di Ballroom Restaurant Ekaria-Jakarta Pusat Dies, Natalis X dan Wisuda Sarjana V STAB Dutavira-Jakarta sukses dilaksanakan. Hadir Dirjen Bimas Buddha (Drs. Dasikin, M.Pd) beserta jajaran, Anggota DPR RI komisi IV (Daniel Johan, S.E.), Drs. Budi Setiawan, M.Sc, para ketua yayasan, ketua STAB, para donatur, umat serta para orang tua wisudawan dan wisudawati.

Selengkapnya →

Peresmian Vihara Buddha Sasana Sorong

Peresmian Vihara Buddha Sasana Sorong SORONG - Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI, Drs. Dasikin, M.Pd. meresmikan Vihara Buddha Sasana, Malawili, Aimas, Sorong (Jumat, 6 Maret 2015). Peresmian ditandai dengan penyerahan kunci oleh Surandi Woong Ariya selaku Ketua Panitia Pembangunan Vihara kepada YM. Bhikkhu Abhayanando Thera selaku Kepala Vihara Buddha Sasana Aimas, dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sorong, Dr. Drs. Stepanus Malak, M. Si., Dirjen Bimas Buddha dan Sangha Nayaka Theravada Indonesia, dilanjutkan pengguntingan pita. Disamping Bapak Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama, hadir juga Kakanwil Kemenag Provinsi Papua Barat, Kakandepag Sorong beserta Ibu dan anggota Dharmawanita, Ketua DPRD Kab. Sorong, Ketua MUI Kabupaten Sorong, Kapolres Sorong serta undangan lainnya.

Selengkapnya →

Dirjen Bimas Buddha hadiri Pembukaan Pameran Buddha Carika di Museum Arma Jl. Raya Pengosekan, Ubud, Bali

Dirjen Bimas Buddha hadiri Pembukaan Pameran Buddha Carika  di Museum Arma Jl. Raya Pengosekan, Ubud, Bali Bali (dbb) Dirjen Bimas Buddha Drs. Dasikin, M.Pd menghadiri Pembukaan Pameran Buddha Carika di museum ARMA Jl. Pengosekan, Ubud Bali. Dalam Bahasa Pali, kata Buddha sendiri berarti Yang Tercerahkan atau Yang Sadar dan kata Carika berarti Pengembaraan Luhur. Dari jabaran tersebut maka istilah Buddha Carika dapat diartikan sebagai pengembaraan Luhur oleh Yang Tercerahkan atau diartikan juga sebagai perjalanan ke tempat-tempat suci yang berkaitan dengan Yang Tercerahkan. Dalam konteks ini, Yang Tercerahkan adalah yaitu Buddha Sakyamuni.

Selengkapnya →