Peserta IATBU Ikuti Wisata Religi

Borobudur (dbb) meskipun diguyur  hujan deras tidak mengurangi antusias kekhusukan peserta IATBU dalam melakukan wisata religi di candi Mendut dan Candi Borobudur hari Minggu (13/11), hal ini dalam rangka mengenalkan pariwisata, seni dan budaya di Indonesia khususnya seni pahat di Candi Mendut dan Borobudur sekaligus melakukan melakukan puja penghormatan dengan chanting dan Pradhaksina.

Setelah berkunjung ke Candi Mendut peserta disambut oleh YM. Bhikkhu Jotidhammo Mahathera di Pondok Tingal Kab. Mungkid.

"Kami atas nama Sangha Theravada Indonesia (STI) mengucapkan terima kasih atas kehadiran semuanya, karena dengan ini memberikan dorongan, memberikan bimbingan kepada umat Buddha di Indonesia", ucap Bhante Joti sebelum makan siang dilakukan.

Bhante Joti mengatakan Borobudur telah digunakan secara rutin untuk acara besar dua kali dalam setahun yaitu Waisak, dan Asadha Tipitaka Chanting,  yang dihadiri oleh ribuan orang dari pelosok tanah air.

"Bhikkhu di Indonesia tidaklah banyak, tapi kami berusaha dengan sekuat tenaga untuk memberikan pembinaan dan bimbingan kepada umat Buddha", kata Bhante.

Dikatakan bahwa umat Buddha di Indonesia berusaha menggunakan semua candi di Indonesia untuk kegiatan kegiatan keagamaan Buddha agar tetap berguna dan terjaga kelestariannya.

 

Peserta the 4th International ATBU Conference melakukan doa sebelum makan siang, dipimpin oleh YM bante Samdech Tempcong Sangha Raja Kamboja.