STIAB Smaratungga Boyolali Boyong Piala Bergilir Menteri Agama RI

Jakarta (dbb) - Ajang lomba mahasiswa Buddhis dalam acara Mahaniti Loka Dhamma Tk. Nasional V resmi ditutup oleh Sekretaris Ditjen Bimas Buddha Caliadi Kamis malam (27/10) dan sebagai juara umum serta berhak memboyong piala bergilir Menteri Agama RI kali ini dari STIAB Smaratungga Ampel-Boyolali. "Saya selaku Sesditjen memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap kegiatan Mahaniti Loka Dhamma ini, kegiatan yang sudah berlangsung selama 5 kali yang tentu memiliki arti yang sangat strategis bagi bangsa kita yang tengah giat-giatnya melaksanakan pembangunan termasuk dalam bidang pendidikan tinggi agama yang sangat menentukan kelangsungan bangsa kita ini," ungkap Caliadi. 

 

Terselenggaranya MLD ini tidak terlepas dari upaya untuk menumbuh kembangkan tradisi akademik dan motivasi spiritual dalam rangka meningkatkan kualitas generasi muda penerus bangsa dan bentuk forum ini menjadi sebuah makna untuk membangun manusia Indonesia pada umumnya dan para mahasiswa Buddhis pada khususnya agar memiliki budi pekerti yang baik," lanjutnya.

 

"Karena itu kegiatan MLD ini  sangat diharapkan menjadi budaya dikalangan mahasiswa budhis yang pada akhirnya dapat menjadi lembaga kaderisasi mahasiswa sebagai calon pemimpin spiritual serta menjadi sumber inspirasi bagi mahasiswa buddhis dalam kesetaraannya di tengah-tengah pembangunan nasional", tegas Caliadi.

 

Harapannya pelaksanaan MLD ini dapat memunculkan calon-calon intelektual muda Buddhis yang tentu memiliki kemampuan dan kompetensi dibidang akademik dan kewirausahaan. "Hal yang perlu diingat dari tujuan akhir dari MLD adalah bukan sekedar menghasilkan pemenang yang baik tetapi lebih dari itu dalam rangka pemahaman terhadap ajaran Buddha Dhamma yang terkandung di dalamnya dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari," tegasnya.

 

Mahaniti Loka Dhamma ini menurut hemat saya merupakan bagian dari upaya kita untuk memperkokoh dan mengaspirasi proses penguatan kondisi akademik pada perguruan tinggi Indonesia dan khususnya PTAB. Sehingga pendidikan tinggi Indonesia dapat berdiri sejajar dengan perguruan tinggi negara lain yang sudah maju. Dengan tradisi akademik yang kokoh itu pulalah perguruan tinggi bisa memberikan sumbangsih yang besar bagi pemecahan masalah yang sedang dihadapi oleh bangsa yang kita cintai ini.

 

Semoga Mahaniti Loka Dhamma ini bisa memberikan kontribusi yang besar dalam upaya memperkokoh tradisi akademik yang merupakan faktor penentu dalam upaya pembangunan Indonesia yang maju dan bermartabat, dapat membina dan mengembangkan para mahasiswa akan terus berlangsung secara berkelanjutan. 

 

Akhirnya saya mengucapkan selamat kepada para pemenang lebih khusus kepada perguruan tinggi, kemudian yang memboyong piala bergilir Menteri Agama RI sebagai juara MLD Tk. Nasional ke V tahun 2016. Bagi yang belum memperoleh kesempatan untuk menjadi juara kiranya dapat menjadi sumber motivasi untuk lebih mengasah dan mengembangkan potensi diri dalam menghadapi MLD yang akan datang dan kompetisi lainnya. Sekali lagi saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia yang telah bekerja keras untuk terselenggaranya MLD Tk. Nasional ke V tahun 2016 ini, ungkap Caliadi.

 

Kategori kejuaraan yang di raih oleh pemenang MLD adalah :

 

1. Microteaching Putra 

   Juara I  STABN Sriwijaya Tangerang,  juara II STIAB Smaratungga, juara III dari STAB Kertarajasa Batu.

 

2.  Microteaching Putri

 Juara I STABN Sriwijaya Tangerang, juara II oleh STAB Nalanda Jakarta, juara III STAB Jinarakkhita Lampung

 

3. Dhammadesana Bahasa Inggris Putra 

Juara I dari STAB Nalanda Jakarta, juara II STAB Bodhidharma Medan, juara III STIAB Smaratungga Boyolali. 

 

4. Dhammadesana Bahasa Inggris Putri 

Juara I dimenangkan oleh STAB Syailendra Semarang, juara II  STABN Raden Wijaya Wonogiri, juara III STAB Jinarakkhita Lampung.

 

5. Lomba Pengembangan Kreativitas Mahasiswa-Gagasan Tertulis Putra Juara I dari STAB Syailendra Semarang, juara II STIAB Smaratungga Boyolali, juara III dari STABN Raden Wijaya Wonogiri. 

 

6. Lomba Pengembangan Kreativitas Mahasiswa-Gagasan Tertulis Putri.

Juara I dari STAB Kertarajasa Batu, juara II STAB Jinarakkhita Lampung, juara III  dari STIAB Smaratungga Boyolali.

 

7. Lomba Pengembangan Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian Kepada Masyarakat.

Juara I dari STIAB Smaratungga Boyolali, juara II STABN Sriwijaya Tangerang, juara III STABN Sriwijaya Tangerang. 

 

8. Lomba Pengembangan Kreativitas Mahasiswa-Penelitian.

Juara I dari STABN Sriwijaya Tangerang, juara II STABN Sriwijaya Tangerang, juara III dari STAB Syailendra Semarang. 

 

9. Lomba Pengembangan Kreativitas Mahasiswa-Karya Cipta Media Pembelajaran.

Juara I dari STIAB Smaratungga Boyolali, juara II  STABN Raden Wijaya Wonogiri, juara III STABN Raden Wijaya Wonogiri. 

 

10. Lomba Pengembangan Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan.

Juara I dari STAB Kertarajasa Batu, juara II STABN Sriwijaya Tangerang, juara III dari STIAB Smaratungga.