TOT Jurus Jitu Bimas Buddha Sambut UASBN

Mataram (dbb) - Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) akan dilaksanakan beberapa bulan lagi. Pada Provinsi Nusa Tenggara Barat Siswa Buddha tersebar pada pelosok-pelosok provinsi. Hambatan geografis ini membuat tidak semua daerah bisa di jangkau dengan cepat. Dengan adanya hambatan ini proses belajar mengajar ini Bimas Buddha Provinsi NTB merasa perlu mengeluarkan jurus dengan mengadakan kegiatan TOT penyusunan soal UASBN Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti tahun ajaran 2017/2018 (7/2).

“Peserta TOT nantinya di harapkan bisa memberikan bimbingan kepada guru yang lain dalam penyusunan soal ujian,” ucap Pembimas NTB Suliarna saat mendampingi Dirjen Bimas Buddha pada acara tersebut.

Dalam kegiatan itu dilaksanakan dengan membuat bank soal. Yang akhirnya akan menjadi master soal bahan evaluasi tahap akhir (ujian akhir sekolah berstandar nasional/UASBN). Karenanya Dirjen mengatakan TOT ini sangat penting.

“Semua peserta wajib mengikuti dengan baik sehingga nanti dalam menyusun soal UASBN bisa berjalan dengan baik dan benar sesuai dgn ketentuan yang  berlaku,” tegas Dirjen.

Dirjen Bimas Buddha Caliadi menyampaikan ada beberapa kriteria yg perlu diperhatikan dalam penyusunan soal.

“Harus menyusun indikator soal, kisi-kisi soal yg sesuai dgn kurikulum, setelah selesai menyusun soal mestinya ada telaah utk di rakit menjadi beberapa soal,” ucap Dirjen.

Peserta 60 orang peserta yg merupakan guru Agama Buddha jenjang SD,SMP, SLTA ada di Provinsi NTB.