Buddhis Cup 2018, Saryono Harapkan Kesehatan Jasmani dan Batin

Pontianak (bimasbuddha) – Keluarga Besar Mahasiswa Buddhis Universitas Tanjung Pura (KBMB Untan) kembali menggelar acara tahunan Buddhis CUP (27-28 Januari). Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Prov Kalimantan Barat Saryono di Lapangan Graha Futsal mengucapkan apresiasinya atas kegiatan yang positif dan kreatif tersebut. Ia mengungkapkan kesehatan merupakan harta yang paling tertinggi.

“Dalam intisari ajaran Buddha kita mengenal adanya keluarga oragia yakni keluarga yang tidak hanya sehat secara fisik namun sehat secara jasmani dan batin,” ungkap Saryono saat memberikan sambutan pada pembukaan acara.

Lebih lanjut lagi mengungkapkan bahwa melalui pertandingan futsal yang diselenggarakan juga bisa menjadi ajang melatih batin, karena seperti yang disampaikan bahwa kesehatan tidak hanya meliputi jasmani namun juga kesehatan batin. 

“Uji nyali batin dapat diterapkan ketika seluruh peserta pertandingan dapat bermain sportif dan dapat menahan segala emosi saat pertandingan berlangsung. Apabila peserta dapat melewati hal tersebut maka sudah dapat dikatakan bahwa para peserta sehat secara jasmani dan batin,” ucap Saryono.

Saryono berpesan kepada seluruh panitia, team wasit dan seluruh peserta untuk selalu menjaga sportivitas dan dapat menunjukkan prestasi yang sesungguhnya sebagai pemuda Buddhis. 

Kegiatan  yang sudah berlangsung tiga tahun berturut-turut ini semakin di minati umat Buddha khususnya para pemuda Buddhis yang berada diwilayah Pontianak. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya tim Fulsal peserta  bertambah 8 team dari tahun yang lalu.

Ketua Panitia Irwan Gunto mengungkapkan memiliki tujuan selain sebagai ajang kompetisi juga untuk mempererat tali persaudaraan antar pemuda Buddhis yang ada di Wilayah Kalimantan Barat.