Pererat Kerjasama yang Baik, Pembimas Buddha Kunjungi Vihara dan Cetiya

Medan (bimasbuddha) - Melihat pentingnya sinergisitas hubungan kerjasama antara pembimas Buddha dengan pengurus Vihara/ Cetiya, dharmaduta dan juga majelis dalam meningkatkan pelayanan umat Buddha perlu dilakukan pembinaan langsung. Hal tersebut dilakukan pembimas Buddha Kemenag Sumut Ketut Supardi dengan kunjungan ke Vihara dan Cetiya. (4/1)

Kunjungannya pertama di Vihara Etika Dharma di Jalan SD Inpres Dusun IV, Kel. Tandam Hulu II, Kec. Hamparan Perak,  Kab. Deli Serdang. Kunjungan kedua di Cetiya Dharma Mulia yang beralamat di  Jalan Rencong No. 42B Kec. Medan Perjuangan Kota Medan.

Dalam kunjungannya, Ketut menyampaikan bahwa para pengurus Vihara dan majelis harus bersinergi dan bekerjasama, hal tersebut dirasa sangat penting sebagai bahan evaluasi terhadap program kerja yang telah dilaksanakan agar sesuai dengan peraturan dan kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk memelihara kerukunan umat Buddha secara optimal.

“Para pengurus Vihara/cetiya dan Dharmaduta juga harus ditingkatkan kemampuan dan pengetahuannya sehingga dapat meningkatkan kualitas keyakinan umat Buddha,”Imbuhnya.

Ketua Vihara Etika Dharma Adnol menerangkan sejak tahun 2005 dilaksanakan pembinaan kepada umat Buddha dilingkungan sekitar yang berjumlah sekitar 25 kepala keluarga. Secara rutin seminggu sekali membina siswa tingkat SMP dan SMA melalui sekolah minggu. Materi yang telah disusun yang didapat selama pelatihan oleh majelis yaitu: Teladan Bijaksana, Memelihara Kesehatan, Menuntun Diri dan Keluarga, Peraturan dan Tata Susila serta Memupuk Karma Baik, dsb.

Ditempat terpisah, ketua Cetiya Dharma Mulia Bie Jong menjelaskan selama 10 tahun sejak tahun 2008, para pengurus Cetiya dan Dharmaduta telah mendapatkan pelatihan. Dikatakan Bie Jong dalam pelatihan tersebut mereka telah mengingkatkan pengetahuan dalam pelayanan umat. Hal tersebut dikatakan Bie Jong telah meningkatkan kualitas keyakinan umat Buddha dan jumlah umat Buddha yang hadir mengikuti kegiatan.

“Dapat terlihat perayaan hari besar keagamaan, pelaksanaan kegiatan sosial keagamaan dan sekolah minggu juga semakin meningkat,” ucap Bie Jong.

Turut mendampingi kunjungan tersebut, Ketua Majelis Agama Buddha I Kuan Tao Indonesia Prov. Sumut Sendy Febrianto. Sendy mengatakan melalui program kerja majelis, para pengurus Cetiya, Vihara dan para Dharrmaduta diberikan bekal pelatihan secara rutin. Dikatakan Sendy pelatihan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam melakukan pembinaan umat.