Caliadi: Tahun Baru Semangat Baru Pelayanan Prima

Jakarta (dbb) - Di tahun 2018 Dirjen Bimas Buddha Caliadi mengharapkan pegawai Ditjen Bimas Buddha lebih Disiplin, menciptakan suasana kondusif, serta memberikan pelayanan  prima.

“Mari kita kita satukan hati, untuk lebih disiplin, menciptakan suasana kondusif, dan berikan pelayanan prima untuk umat Buddha,”tegas Dirjen saat kebaktian pagi rutin yang diruang kerja Ditjen Bimas Buddha(8/1).

Kebaktian ini diikuti seluruh Pegawai Ditjen Bimas Buddha. Diisi dengan dhammadesana Bhikkhu Ratana Diro.

“Marilah kita memberikan kemurahan hati kepada semua orang. mau memberi, mau menolong, mau membantu meringankan beban orang lain yg kesulitan,” ingat bhante.

Dikatakannya Buddha bisa diibaratkan Dokter, yang memberikan obat mengobati penyakit batin.

“ Dilakukan dengan latihan secara bertahap. dimulai dengan mempunyai kemurahan hati. mau memberi, mau menolong, mau membantu meringankan beban orong lain yg kesulitan,” ucap bante.

Bante melanjutkan bahwa harus memiliki pengendalian diri. Dicontohkannya relawan bencana alam. dikatakannya sementara yg lain ikut membantu, ada relawan yang nakal. si relawan nakal mengambil barang, selagi ada kesempatan saat yang lain sibuk dan panik.

“Dalam meringankan beban orang lain, membutuhkan pengendalian diri,” ucap bante.

Selain berdana, bante mengatakan sila pun harus dijaga. Kemudian Mmditasi, yang bisa membersihkan pikiran dan kondisi perasaan yang terus bergejolak, mengendalikannnya.

“Setelah semuanya terpenuhi, barulah kita mendapatkan kebijaksanaan,”ucap bante.

Bante mengatakan tahun baru adalah tgl kesepakatan, tetapi tidak ada salahnya bila menyikapinya dengan waktu kita untuk titik balik, titik balik kita untuk maju, mencapai tujuan.

“Untuk mencapai kemajuan dan memerlukan 2s, semangat, dan sabar. semua membutuhkan proses. semangat dan sabar, agar tidak menjadi nafsu,” urai bante.