Dirjen menghadiri Pembukaan Aula Mahakaruna Grha bersama Sangha dari 12 Negara

Medan (dbb) - Bersama anggota Sangha dari 12 negara Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Buddha menghadiri Syukuran Pembukaan Aula Mahakaruna Grha. Delegasi anggota Sangha tersebut berasal dari Taiwan, Singapura, Australia, Amerika Serika, India, Cina, Hongkong, Sri Lanka, Malaysia, Vietnam, Korea dan Thailand. Malam syukuran pembukaan aula Mahakaruna Grha yang bertempat di Vihara Maha Karuna Buddhist Centre, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang. (4/1)


Dirjen Bimas Buddha Kemenag RI Caliadi, mengucapkan selamat datang di Indonesia kepada para umat dan anggota sangha dari berbagai belahan dunia.

‘’Indonesia terdiri dari berbagai suku, ras agama, tetapi tetap satu tujuan yaitu Bhineka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan’’. Ungkap Caliadi yang merasa sebagai tuan rumah.

Caliadi berharap ke depan aula yang megah ini dapat digunakan sebagai sarana kegiatan sosial keagamaan. Aula yang akan diresmikan ini dapat memberikan berkah dan manfaat bagi perkembangan agama Buddha di Sumut khusunya di Indonesia umumnya.

Kepala vihara Mahakaruna Buddhist Centre biksu Prajnavira Mahasatvira menyampaikan aula Mahakaruna Grha ini dibangun sejak tahun 2014 dengan konstrukti jembatan. Ditengahnya ditempatkan patung avalokitesvara beserta 33 penjelmaannya dan 12 Bodhisatva.
“Bodhisatva melambangkan kedamaian yang memiliki tekad membebaskan penderitaan umat manusia dengan melaksanakan Dhamma ajaran guru agung Sakyamuni Buddha, yaitu mengembangkan cinta kasih sehingga dengan meneladaninya, kita dapat menciptakan kebahagian,” terang biksu Prajna.

Acara ditutup dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri. Hadir Pembimas Buddha Sumut Ketut Supardi, Ketua FKUB Sumut H. Maratua Simanjuntak, Ketua Majabumi Tanah Suci Sumut Solihin Chandra, Perwakilan Magabudhi Sumut Rudi Hardjon, Ketua Universitas Buddhis Nasional (UBN) Sumut Charles Tamiko, serta umat dan perwakilan berbagai majelis agama Buddha wilayah Sumut.