Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Dharmasala Vihara Pubba Mangala

Pekanbaru (dbb) - Pembangunan tempat ibadah umat Buddha dirasa sangat penting karena sangat besar pengaruhnya terhadap pembangunan umat beragama, khususnya umat Buddha.
“Dalam pembangunan tempat ibadah diharapkan dapat mengajak dalam penerapan intisari agama Buddha, ‘Janganlah Berbuat Jahat, Perbuatlah Kebajikan, Sucikan Hati dan Pikiran’,” ucapan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov.Riau Ahmad Supadi, saat acara peletakan batu pertama Vihara Pubba Mangala.

Kakanwil juga mengharapkan agar tempat ibadah ini  bukan hanya tempat beribadah. Tetapi juga dapat tempat membina, memberdayakan umat Buddha di Provinsi Riau, khususnya Kota Pekanbaru.

“Tempat ibadah dapat difungsikan secara maksimal bukan hanya sebagai tempat. Tetapi juga sebagai kegiatan pendidikan, sosial,” ucap Dirjen senada dengan Kakanwil.

Lebih dalam lagi Dirjen mengatakan agar tempat ibadah ini menjadi tempat meningkatkan keyakinan dan keimanan kepada Buddha Dharma dalam berbangsa, bermasyarakat dan bernegara.

Untuk meningkatkan peran Vihara secara kongrit, Dirjen mengajak perbaikan manajemen Vihara sebagai Rumah Ibadah Umat Buddha. Dirjen juga mengajak peningkatan aktivitas yang mendukung baik dari aspek spiritual maupun dari aspek sosial itu sendiri.

Dari segi kerukunan beragama, Dirjen mengingatkan untuk benar-benar memanfaatkan lingkungan sekitarnya agar harmonisasi dapat terjalin dengan baik. Kerukunan dalam umat Buddha juga harus dijaga secara berkelanjutan, sehingga kehidupan beragama berjalan dengan baik. Hubungan dengan pemerintah harus bersinergi sehingga pembangunan berjalan dengan baik.

Pada kesempatan itu juga, Dirjen mengingatkan agar selalu menanam kebajikan. Dirjen mengutip arti syair 118 Kitab Suci Dhammapada’ Apabila seseorang berbuat bajik, hendaknya dia mengulangi perbuatan itu dan berbahagia dengan perbuatan itu, sungguh membahagiakan pahala menumpuk perbuatan bajik’. sebagai umat Buddha diingatkan agar senantiasa berbuat kebajikan, menimbun kebajikan yang mendatangkan kebahagiaan, seperti halnya kegiatan yang dilakukan ini.

“Bila melakukan kebajikan dengan tulus, maka akan mendapatkan kebahagiaan,”ucap Dirjen.

Komplek yang akan dibangun Pubba Mangala Pekanbaru kurang lebih 2 heltar. akan dibangun sarana dan prasarana.
“Salah satunya Dharmasala Vihara Pubba Mangala yang ukurannya 54x24 m2 dua lantai,” terang Herman ketua yayasan Pubba Mangala.

Hadir Pembimbing Masyarakat Buddha Prov.Riau Tarjoko, Pembimbing Masyaraka Buddha Prov.Banten Triroso, Perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama Prov.Riau, Perwakilan Pemerintah Daerah setempat, dan belasan orang Bhikkhu.