Penyerahan Tanda Daftar Tempat Ibadah dan Yayasan Agama Buddha

Pontianak (dbb) - Pembimas Buddha Prov. Kalimantan Barat Saryono memberikan pelayanan guna pembuatan tanda daftar Vihara di Kanwil Kemenag Prov. Kalimantan Barat, Senin (21/8).

"Tanda daftar sangat diperlukan bagi kelangsungan Vihara dan sebagai bukti legalitas tempat ibadah itu sendiri," ujar Saryono.

Vihara merupakan tempat peribadatan dan keberlangsungan aktivitas keagamaan lainnya, selain itu Saryono juga mengatakan, "Vihara juga memiliki peran penting dalam membentuk moral, spiritual, etika terhadap umat, karena itu para pengurus Vihara pantas untuk mendapatkan perhatian dan pembinaan dari Pemerintah."

Saryono menghimbau agar semua Vihara dan Yayasan hendaknya memiliki tanda daftar demi keamanan dan kelancaran dalam semua urusan, dan apabila masa berlaku tanda daftar sudah habis maka pengurus wajib mengurus perpanjangan tanda daftar tersebut.

"Untuk mendapatkan tanda daftar Vihara tidak memakan waktu yang lama untuk menerbitkannya dan yang paling penting tidak dipungut biaya," ujar Saryono.

Vihara Kharisma Makmur dan Vihara Mulia Dharma yang mendapatkan tanda daftar tempat ibadah Agama Buddha dan Yayasan Paticca Samuppada Borneo yang mendapatkan tanda daftar dari Ditjen Bimas Buddha dan selanjutnya segera ditindaklanjuti pengurusan hak milik aset tanah yayasan.