Peletakan Koin Anathapindika Oleh Umat Buddha Sumatera Utara

Medan (dbb) - Umat Buddha Sumatera Utara melakukan peletakan koin Anathapindika untuk pembangunan Vihara Buddharatana yang bernaung pada Sangha Theravada Indonesia (STI) pada Sabtu (12/8).

Koin Anathapindika disimbolkan sebagai dana umat Buddha, dimana sosok Anathapindika merupakan seorang umat yang dermawan dimasa Buddha Gotama. 

Pengurus Yayasan Medan Charity Group yang juga merupakan panitia penyelengara pembangunan Vihara Buddharatana Susanto Hasim menyebutkan, kedermawanan sosok Anathapindika menjadikan inspirasi dan keteladanan untuk umat Buddha.

Pembimas Buddha Prov. Sumatera Utara Ketut Supardi mengapresiasi setinggi-tingginya kegiatan yang baik dan positif ini, selain itu Ketut juga berpesan kepada umat Buddha Sumatera Utara untuk tetap memperhatikan, menjaga, menghargai warisan para pejuang.

"Melalui semangat perjuangan tersebut kita juga harus melestarikan nilai-nilai ajaran Buddha yang dapat diwujudkan melalui pembangunan Vihara Buddharatana," lanjut Ketut.

Hal ini juga menjadi komitmen bagi umat Buddha untuk bekerjasama dalam membangun Vihara menjadi bagian dari mutiara permata yang dapat menerangi dan mengayomi umat Buddha di Sumatera Utara.

"Selain itu Vihara ini dapat memberikan manfaat yang optimal untuk peningkatan pemahaman ajaran Buddha sekaligus menjadi tempat untuk melakukan pelayanan dan pembinaan umat agar terhindar dari hal negatif sehingga memberikan manfaat yang lebih baik," ujar Ketut.

Ketua Umum STI YM Bhante Subhapanno Mahatera menyampaikan bahwa kegiatan Dhamma ini baru pertama kali dilaksanakan di Sumatera Utara, Sehingga kegiata ini perlu menjadi tradisi dikalangan umat Buddha Indonesia.

"Peletakan koin Anathapindika ini dapat memberikan inspirasi kepada kita semua agar terdorong dengan penuh ketulusan dan keyakinan yang kita lakukan adalah benar dijalan dhamma," lanjut Bhante Subhapanno.