Ditjen Bimas Buddha Penyempurnaan Roadmap Reformasi Birokrasi tahun 2015-2019

Tangerang (dbb) - Reformasi birokrasi demi melakukan pembaharuan dan perubahan yang mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama pada aspek kelembagaan, tata organisasi, ketatalaksanaan atau bisnis proses dan sumber daya aparatur dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik. Dengan demikian reformasi birokrasi merupakan langkah strategis untuk membangun aparatur negara agar lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengemban tugasnya dalam pembangunan nasional.


Reformasi birokrasi yang ada pada Ditjen Bimas Buddha merupakan tanggungjawab seluruh karyawan Ditjen Bimas Buddha, dimana sub bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) yang dikomandoi Sariyono bertanggungjawab secara administrasi. “Keberhasilan RB bukan hanya pada prosedur atau laporan saja. Tetapi juga, bagaimana masyarakat yang kita layani dapat merasakan dampak perubahan yang lebih baik”, ucap Kabag Ortala dan Kepegawaian Ditjen Bimas Buddha Widya Wimamsidi.


Perubahan tersebut haruslah merupakan perubahan yang terukur, sehingga harus direncanakan kemana arah perubahan yang harus dilakukan. Dengan semakin pesatnya perkembangan TI serta perubahan lingkungan strategis menuntut birokrasi pemerintahan untuk direformasi dan disesuaikan dengan dinamika tuntutan masyarakat.


“Harus segera dilakukan langkah-langkah yang bersifat mendasar, komperhensif, dan sistematik sehingga tujuan dan sasaran yang akan dicapai efektif dan efisien”, lanjut Widya.


Roadmap Reformasi Birokrasi Ditjen Bimas Buddha tahun 2015-2019 yang telah ditetapkan pada tahun 2015, Oleh karenanya perlu banyak masukan untuk sempurnanya Reformasi Birokrasi pada Ditjen Bimas Buddha. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24 s.d 26 Juli di Tangerang-Banten.


Pada Kesempatan itu, Ditjen Bimas Buddha mendapat pengarahan narasumber dari Tim Reformasi Birokrasi Kementerian Agama RI Afrizal Zein, Kartika Dhammawanti. Dimana para narasumber memberikan arahan agar semua program dan kegiatan pusat dan daerah inline.


Kegiatan Penyempurnaan Roadmap Reformasi Birokrasi tahun 2015-2019 diadakan di Tangerang-Banten mengundang 44 peserta, yang terdiri dari pejabat dilingkungan Ditjen Bimas Buddha, 2 perwakilan STABN Raden Wijaya dan 2 perwakilan STABN Sriwijaya.  Hadir pada kesempatan itu Sesditjen Bimas Buddha Caliadi, Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Supriyadi.