Pengembangan Buku Ajar Sekolah Minggu Buddha Dengan Aktivitas Belajar Menyenangkan Berdasarkan Jataka

Karya: Sepilut, Vonda Karuna Eka Susandy, Dwi Purnomo - Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Sriwijaya, Tangerang

Juara II Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Bidang Penelitian (PKM-P) dalam Lomba Mahaniti Loka Dhamma Tingkat Nasional V Tahun 2016

 

Abstrak


Pengembangan buku ajar SMB berdasarkan potensi dan masalah yaitu sedikitnya bahan ajar SMB.Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan buku ajar SMB dengan aktivitas belajar yang menyenangkan. Buku ajar disusun secara sistematis berdasarkan Jataka sesuai urutan Dasa P?ram?. Metode penelitian yang digunakan Research & Development (R&D). Model pengembangan buku ajar menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Penelitian dan pengembangan buku ajar menggunakan level 1 yaitu melakukan penelitian untuk menghasilkan rancangan dan pengembnagan, tetapi tidak dilanjutkan dengan produk massal dan mengujinya.Tahap penelitian yaitu adanya potensi dan masalah, mengumpulkan data, mendesain buku ajar, pengembangan buku, validasi buku kepada para ahli, revisi buku ajar, dan uji panelis. Buku ajar didesain penuh warna, bergambar, isinya merupakan ringkasan dari cerita Jataka dengan bahasa sederhana yang disertai aktivitas bermain yang menyenangkan dan kaitan cerita dengan permainan. Hasil penelitian yaitu buku ajar SMB dengan aktivitas yang menyenangkan berdasarkan Jataka. Berdasarkan hasil penghitungan uji kecocokan antarpanelis dengan rumus V (indeks kecocokan Aiken) diperoleh hasil yaitu dengan rerata 0,58. Buku ajar layak untuk digunakan dan dapat diproduksi secara massal untuk menyediakan kebutuhan pembina SMB.

 

Klik disini untuk unduh selengkapnya