Pengembangan Media Pengenalan Huruf Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Buddhis

Karya: Sucitta Rantia Dewi, Tuti Andriani, Permata Cahaya Utama - Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Sriwijaya, Tangerang

Juara I Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Bidang Penelitian (PKM-P) dalam Lomba Mahaniti Loka Dhamma Tingkat Nasional V Tahun 2016

 

ABSTRAK


Pendidikan Anak Usia Dini merupakan proses yang sangat fundamental karena perkembangan selanjutnya sangat ditentukan oleh stimulasi dimasa ini. Salah satu stimulan yang penting adalah pengenalan huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pengenalan huruf untuk PAUD Buddhis (Nava Dhamma Sekha).


Metode penelitian ini termasuk Reasearch and Development yaitu penelitian yang menghasilkan produk tertentu. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Penelitian dan pengembangan ini termasuk pada Level 1 yaitu penelitian yang hanya menghasilkan rancangan tetapi tidak dilanjutkan dengan membuat produk secara masal dan mengujinya. Penentuan tingkat validitas isi dan kelayakan media pengenalan huruf untuk PAUD Buddhis berdasarkan expert judgement dan validasi oleh panelis yang kemudian dianalisis menggunakan Indeks Kecocokan Aiken. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan expert judgement dan penilaian panelis terhadap angket yang terdiri dari 14 butir pernyataan mengenai kesesuaian media dan gambar serta bahasa dan konten memiliki nilai Indeks Kecocokan Aiken > 0,2 yang berarti media yang dikembangkan memiliki validitas isi yang memadai dan layak.

 

Klik disini untuk unduh selengkapnya