Pengembangan Budidaya Jamur Tiram Putih Dikalangan Mahasiswa Buddhis STIAB Smaratungga Boyolali

Karya: Joko susanto,  Sukitri, Eko Yuliana - Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Smaratungga, Boyolali

Juara III Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K) dalam Lomba Mahaniti Loka Dhamma Tingkat Nasional V Tahun 2016

 

Abstrak


Jamur tiram merupakan bahan makanan pengganti daging yang memiliki kandungan nilai gizi yang lebih baik dan lebih komplek, kebutuhan jamur tiram dipasar lokal belum dapat dipenuhi karena rendahnya supplay dari para petani dan sedikitnya minat untuk budidaya jamur tiram karena kurangnya pengalaman dalam pembibitan dan cara perawatan, sebenarnya cara budidaya jamur tiram tidaklah begitu sulit dan dapat dilakukan secara mandiri dengan bantuan modul-modul buku yang telah beredar luas baik di toko buku maupun internet yang memberikan cara-cara dalam budidaya jamur tiram. Tujuan dari pengembangan kewirausahaan mahasiswa ini adalah meningkatkan jiwa wirausaha dikalangan mahasiswa khususnya mahasiswa perguruan tinggi Agama Buddha, meningkatkan taraf ekonomi mahasiswa agar tidak bergantung dengan orang tua maupun bantuan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam membuka lapangan kerja yang mandiri serta membuka peluang usaha dalam bidang pertanian organik tepat guna.


Metode kegiatan peningkatan kewirausahaan mahasiswa ini dengan pengumpulan materi cara penanaman, perawatan dan penjualan jamur tiram. Kegiatan ini kami laksanakan di PUSDIKLAT Buddhayana Boyolali Jl. Semarang-Solo Km.60 Jawa Tengah, dalam kegiatan ini semua anggota kelompok yang berjumlah 3 (Tiga) orang melakukan praktek pembuatan jamur tiram mulai dari pencampuran media tanam, pembuatan media tanam, pensterilan media tanam, pembibitan (inokulasi), penyimpanan (inkubasi), pembuahan, perawatan dan pemetikan serta penjualan ke pengepul atau konsumen.


Kegiatan ini kami laksanakan mulai dari tanggal 15 Agustus 2016 hingga 15 Oktober 2016, kegiatan kami laksanakan dengan lancar dengan tingkat kegagalan hanya sebesar 2% dari 1500 log.

 

Klik disini untuk unduh selengkapnya