Tiga Komisi Demi Membahas Masalah dan Menghadirkan Solusi dalam Rakernas 2017

Jakarta (dbb) – Pada rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama Tahun 2017 hari kedua, Senin (27/2) membahas mengenai masalah – masalah dan solusi pada tiga Komisi, dimana hasil dari para komisi ini akan diplenokan dan akan dijadikan keputusan bersama Rakernas.

Sesditjen Bimas Buddha Caliadi masuk dalam Komisi satu bersama dengan pejabat – pejabat pusat dan daerah, yang membahas beberapa hal terkait E-Government salah satunya layanan satu pintu melalui IT yang difasilitaskan oleh Kapus Pinmas dan Staf ahli Menteri Agama.

Direktur Urpendik Agama Buddha Supriyadi bersama dengan Ketua STABN Sriwijaya Efendi masuk pada Komisi tiga bersama pejabat pusat dan daerah lainnya yang difasilitasi oleh Dirjen Phu membahas beberapa hal terkait kehidupan berkeagamaan, salah satunya pengelolaan pada Sosial Media (Sosmed) terkait dengan isu – isu keagamaan dan radikalisme.

Pada Komisi tiga ini juga membahas terkait kerukunan umat beragama. Dalam pengalamannya di Yogyakarta mengenai pembentukan sebuah perkumpulan, Efendi mengemukakan, “bisa disimpulkan dari hasil pengalaman yang saya rasakan bahwa tidak ada masalah diantara pemuka ataupun tokoh Agama.”

Sedangkan pada Komisi dua  yang difasilitasi oleh Dirjen Pendidikan Agama Islam membahas beberapa hal terkait wawasan kebangsaan. Selain itu dalam Komisi ini dibahas juga tentanf sertifikasi guru, dan isu pendidikan lainnya, Ketua STBAN Raden Wijaya Hesti bersama pejabat pusat dan daerah menjadi partisipan dalam Komisi ini.