MGMP Kaltim Gelar Penyusunan Soal USBN Tahun Ajaran 2016/2017

Balikpapan (dbb) - Sebagai tindak lanjut kegiatan penyusunan soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2016/2017, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Prov. Kalimantan Timur melakukan kegiatan penyusunan soal di Grand Tjokro Hotel, Balikpapan, Rabu (15/2). 

Pada kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini langsung dibuka oleh Pembimas Buddha Prov. Kalimantan Timur, Maryono.

Dalam sambutannya Maryono menegaskan, "perlu dicermati kepada Bapak/Ibu Tim penyusun soal USBN bahwa kita harus mengikuti petunjuk dan pedoman yang sudah diberikan oleh Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI tertanggal 31 Januari 2017 berikut kisi-kisinya, jumlah soal yang kita buat 30 butir pilihan ganda dan 4 butir essay yang jumlah hitungannya 75% dibuat oleh daerah, sedangkan 25% nya yaitu 10 butir pilihan ganda dan 1 butir soal essay akan di buat dan dikirim dari pusat". 

Seusai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi materi dari satu orang narasumber mengenai taknik pembuatan soal, dan terkhususnya teknik pembutan soal HOTS     (Higer Order Thinking) yaitu soal yang dirancang dengan kemampuan berpikir yang tidak sekedar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite), namun menunjukkan pemahaman terhadap informasi dan bernalar (reasoning) bukan hanya sekedar mengingat informasi.

“Tim Penyusun Soal USBN harus menyimpan dan menjaga kerahasiaan soal-soal yang telah disusun dan diharapkan dapat membuat dan menghasilkan soal-soal yang berkualitas dan dapat dipahami anak didik” tegas Sulastri selaku Ketua MGMP Kaltim. (wm/prt)