Pembuatan Soal USBN Pendidikan Agama Buddha Prov. Kalimantan Barat

Pontianak (dbb) - Berkaitan dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang akan dilaksanakan pada pertengahan Tahun 2017, Pembimbing Masyarakat Buddha Prov. Kalimantan Barat Saryono, mengundang ketua dan pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Kalimantan Barat dalam kegiatan pembuatan soal USBN Pendidikan Agama Buddha tingkat SMP dan SMA/K di Aula Kantor Kementerian Agama Prov. Kalimantan Barat, Kamis (9/2).

Selain pembahasan soal kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai upaya pemberdayaan guru melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) dan MGMP di daerah-daerah. 17 peserta yang hadir sebagai Tim pembuat soal USBN Pendidikan Agama Buddha akan melaksanakan peramuan soal selama dua hari, Kamis (9/2) sampai dengan Jumat (10/2).

Saryono mengungkapkan, “USBN  dipusatkan oleh Kementerian Agama dan segala hal yang berkaitan dengan soal ujian Pendidikan Agama Buddha merupakan kewenangan Bimas sebagai Koordinator.” 

Dalam menjaga kebocoran soal, para peramu diharuskan untuk membuat soal dengan ditulis tangan pada kartu soal, dan pada pengetikan dan proses editing dilakukan oleh Tim yang telah dibentuk.

“Agar proses pembuatan soal ini berjalan lancar dan tidak ada kebocoran soal maka masing-masing guru harus membuat soal dengan ditulis tangan pada kartu soal, tidak boleh difoto apalagi digandakan. Selanjutnya pengetikan dan proses editing akan dilakukan oleh Tim yang telah dibentuk." Tegas Saryono.

Tim Pembuatan Soal USBN PAB dibagi menjadi 4 Tim yakni Pembuat Soal USBN PAB Tingkat SMP Kurikulum 2013,  Tingkat SMP Kurikulum KTSP, Tingkat SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Tingkat SMA/SMK Kurikulum KTSP.