Peresmian Purnapugar dan Perayaan HUT Ke-23 Vihara Citra Maitreya

Langkat (dbb) - Peresmian Purnapugar Vihara Citra Maitreya yang beralamat di Jalan Wonosari Bangsal Pasar III No. 73 Kota Stabat Kab. Langkat Prov. Sumatera Utara diawali dengan pengguntingan pita dan pelepasan balon yang diiringi dengan tarian Barong Sai oleh muda-mudi Vihara binaan Mapanbumi, Minggu (8/1).

Penandatanganan prasasti oleh Pembimas Buddha Kanwil Kementerian Agama Prov. Sumut Ketut Supardi, dalam sambutannya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada umat Buddha, pengurus Vihara Citra Maitreya, rohaniwan dan DPD Mapanbumi Prov. Sumut yang telah merintis dalam berdirinya Vihara ini sehingga Vihara ini dapat berfungsi dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya umat Buddha untuk mendapatkan pelayanan dan pembinaan dalam meningkatkan keyakinan, pemahaman dan penghayatan nilai-nilai ajaran Buddha yang merupakan tanggungjawab kita bersama untuk kemajuan umat Buddha khususnya di Provinsi Sumut.

“Saya berharap kepada pengurus Vihara agar tempat ibadah ini dapat dimanfaatkan dan difungsikan secara optimal serta untuk tetap memelihara kerukunan umat beragama sehingga suasana yang kondusif dan harmonis terjaga,” kata Ketut.

Pdt. Irwanto selaku Ketua Vihara Citra Maitreya menyampaikan bahwa Vihara ini berdiri pada tahun 1994 didirikan untuk mengenang alm. Maha Pdt. Toa Tjin Heng yang telah berjasa dalam memberi teladan kepada masyarakat dalam mempraktekkan nilai-nilai luhur seperti kearifan, kesabaran, kejujuran, dan tekad yang kuat dalam mengatasi setiap permasalahan kehidupan. Keberadaan Vihara ini selama 23 tahun juga telah banyak memberikan kontribusi dalam pembinaan masyarakat khususnya kota Stabat sebagai tempat melaksanakan berbagai kegiatan seperti penyelengaraan Sekolah Minggu Buddha untuk pembinaan dan pelatihan muda-mudi dan anak-anak dalam hal pembentukan karakter berbudi pekerti dan kemoralan yang baik, selain itu juga dilakukan kegiatan pelatihan untuk guru sekolah minggu, para penceramah dan penyuluh.  

Ketua Panitia Penyelenggara Tungking mengungkapkan bahwa Peresmian ini dimeriahkan dengan pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun sebagai perayaan HUT Vihara Citra Maitreya yang ke-23 serta penyelenggaraan kegiatan bakti sosial yaitu donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesai (PMI) Kab. Deli Serdang. Turut hadir dalam acara ini  Ketua DPD Mapanbumi Prov. Sumut Suwandi Rusli beserta anggota Pdt. Anna Monita, Pdt. Satya Vira Sutjipto.