Pelantikan Majelis Agama Buddha Tridharma Indonesia dan Pemuda Tridharma Indonesia Wilayah Prov. Sumut

Medan (dbb) - Bertempat di Aula Yayasan Sad Putra Persada, Jalan Pancur Batu No. 66 Medan, dalam sambutannya Pembimas Buddha Kanwil Kementerian Agama Sumut Ketut Supardi memberikan apresiasi kepada para pimpinan Majelis Agama Buddha Tridharma Indonesia, Pemuda Tridharma Indonesia, rohaniwan, pemuka dan para tokoh umat Buddha atas Dharma baktinya bagi agama, masyarakat, bangsa dan negara dalam membina umat serta menjaga kerukunan intern umat Buddha serta kerukunan umat beragama di Sumut, Minggu (25/12). 
 
Berharap kepada para pengurus yang baru dilantik agar memahami Anggaran Dasar  dan Anggaran Rumah Tangga dan melakukan konsolidasi dan koordinasi serta dapat menyusun program nyata dalam pelayanan dan pembinaan umat, selanjutnya menyatukan visi dan misi sehingga keberadaan majelis ini bisa menaungi dan menerangi umatnya bagaikan bulan purnama memancarkan cahaya kasih serta saling membuka ruang antar umat dan majelis untuk kemajuan bersama, seperti dalam sabda Buddha “Mengembangkan perbuatan baik yang dilandasi oleh kesadaran dan pikiran cinta kasih merupakan dasar dalam meningkatkan kualitas umat yang hidupnya sejahtera, damai dan kualitas batin yang lebih sempurna,” imbuhnya.
 
Rangkaian acara pelantikan yaitu penyerahan Surat Keputusan Pengurus, Penyematan pin dan Penyerahan pataka oleh Ketua Umum Majelis Agama Buddha Tri Dharma Indonesia Rudi Adijanto, yang dalam sambutannya mengatakan bahwa Majelis Tri Dharma sudah berkembang sejak zaman sebelum kemerdekaan yang merupakan pelopor kebangkitan agama Buddha di Indonesia. Pada tahun 1934, Kwe Tek Hoey mengundang bhante Narada Mahatera untuk bisa menyebarkan Dhamma di Inonesia yang kemudian dilanjutkan dengan berdirinya organisasi Tridharma atau Sam Paw dengan menerapkan dan menjunjung tinggi nilai ajaran Buddha, Konghucu dan Tao. Ketiga ajaran ini sepenuhnya berlandasakan pada bakti yang tinggi kepada orang tua dan leluhur menitikberatkan pada praktek dhamma, kesusilaan, budi pekerti dan pembentukan karakter yang kuat yang diperlukan oleh masyarakat pada zaman sekarang. Hal inilah merupakan tugas dan tanggung jawab yang wajib diemban oleh para pimpinan dan pengurus majelis agar dapat dilaksanakan demi kemajuan  umat Buddha.
 
Ketua Majelis Agama Buddha Tri Dharma Indonesia Wilayah Sumut Ismed Tan menyampaikan terima kasih atas bimbingan, dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan dalam menjalankan amanat dan tanggung jawab untuk dapat memberikan sumbangsih positif dan semangat pengabdian kepada umat Buddha, masyarkat Indonesia tentunya dengan kerjasama segenap pengurus untuk bersunguh-sungguh dalam menajalankan visi dan misi majelis dengan segenap kemampuan pada masa bakti 2016-2021 ke depan.
 
Ketua Pemuda Tri Dharma Indonesia Prov. Sumut Andrew Julius berharap semoga melalui organisasi ini sebagai sarana dalam mencetak kader pemuda yang berketuhanan dan berkepribadian Pancasila yang siap mengembangkan ajaran Buddha dan membentuk karakter pemuda yang berbudi pekerti luhur yang mengutamakan semangat kerja keras, berdisiplin dan bertanggung jawab dalam kewajiban dan tanggung jawab kepada bangsa Indonesia. Sebagai bentuk peran nyata dalam membela negara, pemuda Tridharma siap menjadi pelopor kepemudaan yang tangguh dan berbakti bagi masyarakat bangsa dan negara Indonesia.
 
Turut Hadir pada acara ini Penyelenggara Buddha Kota Medan Pdt. Burhan, Dewan Kehormatan Majelis Agama Buddha Tri Dharma Indonesia Wilayah Prov. Sumut Tongariodjo Angkasa, Pembina Majelis Tri Dharma Prov. Sumut Bambang Efendy, Ketua Umum DPD Walubi Sumut Indra Wahidin, Ketua DPD Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Sumut Edi Suyono, Ketua MBI Kota Medan Sutopo, Pengurus Mapanbumi Sucipto, Ketua DPD Majabumi Tanah Suci Sumut Solihin Chandra, ungkap Ketua panitia penyelenggara Lawrence.